fakta dan manfaat kayu manis

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Selamat pagi sobat dunia maya, pagi ini saya akan berbagi info seputar fakta dan manfaat kayu manis. Selamat membaca

Fakta dan manfaat kayu manis  

  • Kayu manis telah digunakan secara tradisional dalam persiapan makanan dan sebagai obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit dan gejalanya.  
  • Kayu manis telah digunakan untuk membuat teh dan juga sebagai herbal memperbaiki untuk pengobatan masuk angin, penyakit kardiovaskular, dan gangguan pencernaan dan ginekologi kronis.  
  • Kayu manis dapat diolah menjadi suplemen yang telah digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan, batuk, gangguan pencernaan, kram perut, usus kejang, mual, perut kembung, dan diare.  
  • Kayu manis dikenal memiliki antioksidan, antibakteri, anti-inflamasi, dan sifat terapeutik lainnya. 
  • Studi baru menegaskan kembali pentingnya kayu manis sebagai bumbu, tetapi juga menunjukkan bahwa mungkin obat alami untuk mengobati penyakit serius seperti diabetes tipe 2, masalah pencernaan kronis, penyakit kardiovaskular, dan bahkan kanker juga penyakit Alzheimer.  

Berikut merupakan khasiat kayu manis pada beberapa penyakit pada sebuah penelitian :
1.     Dalam sebuah penelitian membuktikan  methyl hydroxyl chalcone polymer (kandungan kayu manis) dapat meningkatkan ketergantungan insulin pada metabolisme glukosa sekitar 20 kali lebih cepat. Selain itu methyl hydroxyl chalcone polymer dapat membuat sel-sel lemak lebih responsif terhadap insulin dengan mengaktifkan enzim yang menyebabkan insulin mengikat sel-sel dan enzim penghambat yang menghalangi proses fosforilasi maksimal ke reseptor insulin, yang terkait dengan peningkatan  sensitivitas insulin.  
2.    Terbukti bahwa kayu manis dapat menurunkan kadar kolesterol secara signifikan dalam trigliserida sebanyak 23-30%, kolesterol total sebanyak 12-26%, dan low-density kolesterol lipoprotein sebanyak 7-27dengan konsumsi 1 g, 3 g, atau 5 g kayu manis selama 40 hari.  
3.    Aktivitas antitumor dari kayu manis telah terbukti dapat menghambat proliferasi pada baris sel kanker dalam tubuh manusia termasuk payudara, leukemia, ovarium, dan sel tumor paru-paru, secara garis besar kayu manis dapat menghambat perkembangan sel kanker.  
4.    Kandungan proanthocyanidins dalam kayu manis terbukti dapat menurunkan agregasi tau (protein) dalam tubuh sehingga dapat menurunkan resiko Alzheimer terutama pada lansia.  
Ternyata kayu manis selain untuk bumbu memiliki manfaat penting yaa untuk kesehataan. Sekian dulu yaa informasi pagi ini.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 
Salam gizer ^.^ #UNIDAGONTOR #calonahligizi
Referensi: http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2225411014000200 

Comments

Popular Posts