Pentingkah Gizi untuk Tubuh?


Setiap mahluk Allah pasti membutuhkan makanan untuk hidup, termasuk manusia. Namun makanan yang seperti apa yang diperlukan oleh manusia?

Allah telah mengatur kriteria makanan untuk manusia dalam Al-Qur'an, dalam surat Al- Baqoroh ayat 168 : 

{يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ ۚ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِينٌ} 
[البقرة : 168]

Artinya: Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu.



Makanan Halal dan Baik merupakan kriteria makanan seorang muslim. Makanan Halal adalah makanan yang terbuat dari bahan halal, cara pengolahan halal, dan diperoleh dari harta yang halal juga. Makanan baik merupakan makanan yang lezat dan memberikan kebaikan atau manfaat bagi yang mengkonsumsinya.  Makanan bergizi memberikan kebaikan atau manfaat bagi yang mengkonsumsinya.

Makanan bergizi seperti apa yang penting untuk tubuh?

Pada hakikatnya manusia memerlukan energi untuk beraktifitas, energi dapat dibentuk di mitokondria ketika manusia mengkonsumsi makanan atau minuman. Namun perlu diketahui bahwa semua makanan bergizi, tetapi tubuh memiliki jumlah kebutuhan dan jenis zat gizi tertentu untuk melakukan aktifitas sehari-hari.

Secara garis besar kebutuhan zat gizi terbagi menjadi 2 bagian, yaitu kebutuhan zat gizi makro dan zat gizi mikro. Zat gizi makro mencakup Karbohidrat, Protein dan Lemak, biasanya didapatkan dari makanan pokok seperti Nasi, Lauk Hewani, Lauk Nabati, dan Minyak. Zat gizi makro ini sesuai dengan namanya memiliki jumlah lebih besar yang dibutuhkan oleh tubuh dibanding zat gizi mikro. Sumber Zat gizi mikro yaitu sayuran dan buah-buahan.

Mari kita bahas fungsi dari zat gizi diatasi satu persatu.

ZAT GIZI MAKRO (MACRONUTRIENT)

1. Karbohidrat
Karbohidrat memiliki fungsi  sebagai penyedia energi utama untuk tubuh agar dapat bertahan hidup. WHO/FAO menetapkan kebutuhan harian karbohidrat sebesar 55-75% dari total konsumsi energi yang berasal dari makanan guna memelihara kesehatan. Setiap 1 gram karbohidrat memiliki 4 kkal energi. Karbohidrat berasal dari biji-bijian (serealia), umbi, buah-buahan dan sayuran. Karbohidrat dalam jumlah besar dapat diperoleh dari Nasi, Kentang, Jagung, Gandum, dsb.

2. Protein 
Protein memiliki fungsi untuk pertumbuhan, pembentukan struktur tubuh, pengangkut  dan penyimpanan zat gizi, enzim, pembentukan antibodi dan sumber energi. Setiap 1 gram protein memiliki 4 kkal energi. Kebutuhan protein setiap orang berbeda tergantung dengannya golongan usianya, anak-anak, remaja dan ibu hamil memiliki kebutuhan protein lebih besar dibanding golongan usia lainnya. Berdasarkan sumbernya protein dibagi menjadi 2 yaitu protein hewani dan nabati.  Seperti mamanya, Protein  hewani bersumber dari hewan antara lain daging sapi, kambing, ayam, bebek, telur, hati sapi, hati ayam dsb. Sedangkan Protein Nabati bersumber dari  kacang-kacangan seperti tahu, tempe, kacang hijau, kacang almon dsb.

3. Lemak
Lemak memiliki  fungsi sebagai sumber lemak, asam lemak esensial, alat angkut vitamin, pengemulsi, penambah kelezatan dsb. Setiap 1 gram lemak memiliki 9 kkal energi. Berdasarkan sumbernya lemak dibagi menjadi 2 yaitu lemak hewani dan nabati, makanan sumber lemak hewani adalah mentega , krim, susu, keju, kuning telur dan lemak hewan sedangkan sumber makanan  lemak nabati adalah kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, minyak kepala, minyak kelapa sawit, santan dan margaria.

ZAT GIZI MAKRO (MACRONUTRIENT)
Vitamin dan Mineral 

Terdapat 2 macam zat gizi yang termasuk dari zat gizi makro yaitu vitamin dan mineral. Vitamin terdiri dari Vitamin A, B, C, D, E dan Kamu sedangkan  beberapa macam mineral antara lain zat besi, zinc, sodium, potasium, dst.
Sayuran dan buah-buahan merupakan makanan yang memiliki kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kira-kira lebih penting zat gizi makro atau mikro ?

Tidak ada yg lebih penting atau diutamakan, karena setiap zat gizi memiliki fungsinya masing-masing dan dapat menunjang fungsi zat gizi lainnya, apabila tubuh tidak mengkonsumsi salah satu zat gizi diatas maka tubuh akan berisiko mengalami zat gizi tertentu. Oleh karena itu, konsumsi makanan beragam merupakan solusi agar kebutuhan zat gizi tubuh terpenuhi. Jika zat gizi sudah terpenuhi dapat diiringi dengan pola hidup bersih dan sehat untuk menjaga nikmat kesehatan yang telah diberikan Allah SWT.

Allahu A'lam bish Shawab.

Note :
Untuk mengetahui kebutuhan gizi anda dapat konsultasikan dengan saya atau ahli gizi terdekat.

Sumber :
1. Al-Qur'an 
2. Adi A. C, Damayanti D, Doloksaribu B, Ahmad A, Darawati M, Ilmu Gizi Teori & Aplikasi (Karbohidrat, Protein, Lemak, Vitamin, Mineral), EGC, 2016

Comments

Popular Posts