Mata Kuliah Sejarah Peradaban Ilmu Kedokteran dalam Pembentukan Worldview dan Identitas Mahasiswa




Ilmu gizi merupakan ilmu yang mempelajari tentang makanan, yang mana akan menentukan kesehatan individu maupun populasi. Ilmu gizi membahas tentang zat-zat gizi yang terkandung dalam makanan dan akan mempengaruhi kesehatan bagi yang mengkonsumsi makanan tersebut. Selain membahas tentang zat-zat gizi yang terkandung, ilmu gizi juga membahas tentang mekanisme zat-zat gizi tersebut sehingga dapat menjadikan tubuh sehat. Beberapa asupan zat gizi yang berlebihan akan menimbulkan suatu masalah baru, misalnya kelebihan karbohidrat akan menyebabkan obesitas (kegemukan), sebaliknya kekurangan zat gizi tertentu akan menimbulkan masalah lain, misalnya kekurangan zat besi akan menyebabkan anemia (kekurangan darah).
Pada dasarnya ilmu gizi dikembangkan dari berbagai ilmu seperti ilmu kedokteran, ilmu kesehatan masyarakat dan ilmu ekologi manusia. Sebagai mahasiswa muslim juga berbasis pesantren kami mahasiswa. Prodi Gizi Universitas Darussalam lazim mengetahui sejarah ilmu gizi dalam islam yang mencakup tokoh ilmuwan muslim beserta karya-karyanya yang berkaitan tentang gizi. Semua sejarah tentang masa kejayaan Islam di bidang kedokteran, dan beragam jenis penemuan ilmuwan muslim di bidang kedokteran. Sehingga, bisa membuktikan kontribusi besar umat Islam di bidang kedokteran. Semua ini dibahas dalam mata kuliah “Sejarah Ilmu kedokteran Islam”. Ilmu gizi merupakan pengembangan dari ilmu kedokteran, maka dari itu tidak banyak ilmuwan muslim yang membahas fokus terhadap gizi.
Mata kuliah Sejarah Peradaban Kedokteran Islam akan membentuk pandangan mahasiswa terhadap persepsi ilmu gizi berlandaskan sesuai dengan teori yang telah ditemukan ilmuwan muslim pada masa kejayaan islam dan membentuk jati diri muslim yang kokoh juga meningkatkan kepercayaan dirinya dalam membuktikan kontribusi besar muslim dalam bidang ini demi terwujudnya cita-cita umat dalam membangun kembali peradaban islam dan mengembalikan ke masa kejayaannya. Selain itu, harapan ke depannya mahasiswa Gizi dapat mengaplikasikan dan menerapkan ilmunya dilandaskan dengan worldview islam.
Dengan harapan worldview yang terbentuk dapat menciptakan pandangan mahasiswa menjadi universal namun tetap berasaskan Islam dan menjadikan ini sebagai identitas mahasiswa gizi UNIDA gontor.


Comments

Popular Posts